Rabu, 01 Februari 2012


SERVANT LEADERSHIP

  • Merendahkan diri dengan sadar
Sejumlah perilaku yang secara sadar dilakukan seorang pemimpin menunjukkan konsep dirinya (menjadi seorang pelayan) dan juga sikap dan intensitasnya (melakukan tindakan pelayanan) dalam menempatkan orang lain lebih dahulu sebelum dirinya.

(F)
    1. Saya mempertimbangkan kebutuhan dan minat orang lain di atas kebutuhan saya sendiri
    2. Saya memperlakukan bawahan saya sebagaimana saya ingin diperlakukan
    3. Saya membantu tanpa mencari penghargaan ataupun keuntungan
    4. Saya memandang diri saya sebagai pelayan dari kelompok
    5. Saya menunjukkan keperdulian saya melalui tindakan nyata dan tulus
    6. Saya memperlakukan bawahan saya dengan penuh rasa hormat
    7. Saya melayani bawahan saya dalam semua kesempatan tanpa pandang bulu
(UF)
1.       Saya lebih mementingkan hak-hak saya dari pada tanggungjawab saya
2.      Saya melayani orang-orang dengan melihat latar belakangnya
3.      Saya mengharapkan balasan dari orang-oang yang saya layani
4.      Saya menolak untuk membantu bawahan saya dalam menangani tugas detil dan kerja kasar
5.      Saya memilih setiap orang yang akan saya layani

  • Diri yang otentik
Perilaku pemimpin yang mengindikasikan posisi dirinya yang otentik dalam hubungannya dengan orang lain. 

(F)
1.      Saya bertanggung jawab atas kesalahan dan kegagalan kelompok
2.      Saya memberikan hak kepada bawahan saya untuk mempertanyakan setiap keputusan yang saya buat
3.      Saya menerima pendapat dari bawahan saya
4.      Saya senang dengan prestasi dan keberhasilan yang dimiliki bawahan saya
5.      Saya konsisten terhadap perkataan dan perbuatan untuk membuat keputusan
6.      Saya berusaha memberikan rasa nyaman pada bawahan saya  di tempat kerja

 (UF)
1.      Saya menolak pendapat dari bawahan saya
2.      Saya enggan untuk berkata jujur pada bawahan saya
3.      Saya enggan memberikan perhatian terhadap masalah yang dihadapi bawahan saya
4.      Saya merasa berkuasa dalam mengambil segala keputusan di tempat kerja
5.      Saya enggan membantu bawahan saya dalam menyelesaikan pekerjaannya

  • Spiritualitas transenden
Perilaku para pemimpin yang memanifestasikan suatu keyakinan yang mendasar bahwa sesuatu atau seseorang yang mengatasi diri dan dunia materi itu eksis dan membuat kehidupan ini penuh makna

(F)
1.      Saya mampu mendorong bawahan saya untuk mengekspresikan keseluruhan pada dirinya di dalam tempat kerja
2.      Saya mampu memberikan pengertian mengenai arti bekerja pada bawahan saya
3.      Saya sadar bahwa perilaku saya sangat berpengaruh terhadap kinerja bawahan saya

(UF)
1.      Saya enggan memerikan motivasi pada bawahan saya
2.      Saya enggan memberikan kepercayaan pada bawahan saya
3.      Saya bersikap acuh pada bawahan saya

  • Moralitas
Perilaku para pemimpin yang mengangkat perilaku moral dan etis para pemimpin dan pekerja.

(F)
1.      Saya selalu berhati-hati dalam setiap mengambil keputusan
2.      Saya berusaha untuk konsisten pada segala ucapan saya
3.      Saya berkompromi dengan bawahan saya untuk mengambil setiap keputusan

 (UF)
1.      Saya selalu memanfaatkan kecurangan untuk mengejar tujuan organisasi
2.      Saya enggan bersikap ramah pada bawahan saya
3.      Saya enggan memberikan pendapat untuk kemajuan kelompok
4.      Saya enggan memberikan perhatian pada bawahan saya saat bekerja

  • Hubungan persekutuan
Perilaku pemimpin yang memupuk keikhlasan,  dan hubungan yang langgeng dengan karyawan melalui penerimaan yang tanpa syarat.

            (F)
1.      Saya selalu memberikan kepercayaan terhadap bawahan saya
2.      Saya selalu menerima bawahan saya dengan apa adanya terlepas dari kegagalan-kegagalannya
3.      Saya dapat menerima bawahan saya dengan apa adanya
4.      Saya selalu menciptakan suatu hubungan persahabatan yang kuat dengan bawahan saya
5.      Saya menanggapi suatu masalah dengan mendengarkan pengakuan dari bawahan saya terlebih dahulu
6.      Saya membuat diri saya berguna oleh semua bawahan saya setuap waktu

(UF)
1.      Saya cenderung untuk lebih dipahami dari pada memahami bawahan saya
2.      Saya enggan meluangkan waktu untuk bawahan saya
3.      Saya menolak bawahan saya sebagai mitra yang sejajar dalam kelompok
4.      Saya enggan melibatkan bawahan saya dalam mengambil segala keputusan
5.      Saya melayani bawahan saya dengan melihat prestasi yang dimilikinya

0 komentar:

Posting Komentar