Kajian Teori Kepuasan Pengunjung
Kepuasan pengunjung adalah perilaku
emosional terhadap pelayanan fasilitas di suatu tempat wisata yang dihasilkan
dari membandingkan apa yang diharapkan (harapan sebelum kunjungan dengan apa
yang diterima (persepsi terhadap performa dan fasilitas). Kepuasan pengunjung
ditandai ketika harapan terlebihi. Kepuasan pengunjung juga bisa didefinisikan
sebagai kepuasan umum, konfirmasi dan ekspektasi dan jarak dari hipotesis ideal
pengunjung mengenai fasilitas suatu lokasi / tempat wisata.
kepuasan pengunjung adalah tingkat
perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan
dibandingkan dengan harapannya, sedangkan Wilkie mendefinisikan kepuasan
pengunjung sebagai suatu tanggapan emosial pada evaluasi terhadap pengalaman
konsumsi suatu produk atau jasa.
Kepuasan merupakan tingkat perasaan
konsumen yang diperoleh setelah konsumen melakukan/menikmati sesuatu. Dengan
demikian dapat diartikan bahwa kepuasan pengunjung merupakan perbedaan antara
yang diharapkan pengunjung (nilai harapan) dengan situasi yang diberikan
perusahaan (tempat wisata) di dalam usaha memenuhi harapan pengunjung.
0 komentar:
Posting Komentar