Senin, 27 Januari 2014

1.      Dimensi : Asertif
·         Indikator :

Ø  Menyatakan kejengkelannya kepada orang lain secara langsung
v  Jika saya tidak menyukai/jengkel kepada orang lain, saya lebih memilih berterus terang daripada diam. (F)
v  Pada saat saya jengkel dengan orang lain, saya kesulitan untuk mengatakannya secara langsung di depan orang tersebut (UF)
v  Saya lebih cenderung memendam perasaan saya (UF)
v  Saya asertif. (F)
v  Ketika saya berada diperpustakaan dan ada orang yang membuat gaduh saya menjadi jengkel pada orang itu, dan mengatakan terang-yerangan di depannya agar tidak ramai. (F)
v  Saya mampu mengekspresikan kekesalan atau pun rasa tidak enak saya secara proporsional pada pihak lain yang telah membuat kamu merasa sakit hati ? (F)

Ø  Menyindir/mengkritik orang yang tidak disukai secara langsung
v  Saya tidak pernah ragu mengungkapkan kekurangan seseorang yang tidak saya sukai secara langsung (F)
v  Saya merasa kesulitan untuk mengkritik orang yang tidak saya sukai (UF)
v  Saya menduga motif tersembunyi dalam diri orang lain dan langsung mengungkapkannya secara langsung. (F).
v  Saya terbiasa mengekspresikan secara jelas perasaan atau pandangan Saya pada orang lain ? (F)

Ø  Mengungkapkan rasa tidak setuju dengan orang lain tanpa menyakiti orang lain
v  Saya selalu siap ketika akan menyampaikan ketidak setujuan saya terhadap/kepada pendapat orang lain (F)
v  Ketika akan menyampaikan rasa tidak setuju saya terhadap pendapat orang lain saya merasakan keringat dingin pada tangan. (UF)
v  Saya menyimpan pikiran untuk diriku sendiri. (UF)
v  Saya terbuka untuk mengungkapkan beda pendapat saya. (F)
v  Saya mampu memberikan pandangan secara terbuka saat saya merasa tidak sepaham dengan pendapat orang lain ? (F)


2.      Dimensi : Frustasi
·         Indikator :

Ø  Marah  kepada diri sendiri
v  Saya mudah menyerah dan menyalahkan diri sendiri kareana tidak dapat menjalankan tugas yang sulit (F)
v  Saya merasa yakin dalam menyelesaikan tugas kuliah. (UF)
v  Saya menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang kesalahan masa lalu. (F)
v  Saya tidak mudah frustrasi. (UF)
v  Setelah berdebat dengan seseorang, aku benci diriku sendiri. (F)

Ø  Merasa kecewa karena keinginannya tidak kunjung tercapai
v  Saya malas mencoba lagi jika pernah gagal pada pekerjaan yang sama (F)
v  Jika menghadapi masalah  saya berusaha mencari jalan keluar yang terbaik (UF)
v  Jika tugas yang saya kerjakan tidak kunjung selesai saya malah ingin mengobrak-abrik semuanya. (F)

Ø  Menyalahkan keadaan
v  Jika saya gagal dalam mencapai tujuan saya, saya cenderung menyalahkan keadaan (F)
v  Saya berusaha mencari cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan (UF)
v  Ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti saya, saya mengalami depresi. (F)
v  Saya terus-menerus menyalahkan keadaan ketika ada yang salah (F)


3.      Dimensi : Pasif

·         Indikator :

Ø  Menjadi diam karena situasi yang tidak nyaman/aksi tutup mulut
v  Jika saya sedang dilanda emosi saya akan diam. (F)
v  Saya sering menceritakan kejengkelan saya kepada teman saya sehingga beban saya menjadi lebih ringan (UF)
v  Saya sering dalam mood yang buruk. (F)

Ø  Mengisolasi diri dari orang lain
v  Saya menghindari melakukan interaksi dengan orang yang membuat saya marah, sampai rasa marah saya berkurang. (F)
v  Saya berusaha untuk membicarakan  masalah-masalah dengan orang tanpa membuat mereka tahu saya sedang jengkel/emosi dengan orang tersebut. (UF)
v  Anda mencoba untuk berkonsentrasi, tetapi orang dekat Anda adalah mengganggu Anda, karena jengkel Anda mendorong orang itu agar pergi jauh dari Anda. (F)

Ø  Mengeluh jika melakukan sesuatu yang tidak disenangi/berada dalam sesuatu yang tidak disukai
v  Untuk melakukan pekerjaan yang tidak saya senangi, saya akan cenderung mengeluh dan tetap mengerjakannya (F)
v  Ketika saya jengkel kepada seseorang, saya biarkan dia mengetahuinya (UF)
v  Anda akan mengomel-ngomel sendiri ketika kendaraan Anda terjebak dalam salju, lumpur, atau pasir. (F)
v  Anda akan mengumpat saat menginjak gumpalan permen karet. (F)
v  Saya mampu untuk berkata “tidak” pada saat anda tidak ingin melakukan pekerjaan tersebut ? (UF)


4.      Dimensi : Agresif

·         Indikator :

Ø  Mencaci maki orang
v  Saya berjalan ke tempat parkir mobil Saya dengan selusin telur di dalam tas Saya saat itu ada pejalan kaki linglung menabrak Saya, menyebabkan semua telur jatuh ke tanah. Saya bereaksi dengan menginjak kaki orang tersebut dan  memaki orang tersebut (F)
v  Jika saya bertengkar dengan teman dan saya merasa muak dengan dia saya akan berjalan cepat-cepat meninggalkan dia. (UF)
v  Saya agresif. (F)
v  Saya sangat sentimental. (F)
v  Ketika seseorang memotong jalan Anda dalam lalu lintas, Anda berteriak kata-kata kasar. (F)

Ø  Memukul orang
v  Ada kalanya bahwa saya mendapatkan atau mendapatkan begitu jengkel sehingga saya menjadi melakukan kekerasan fisik dengan melanggar hal-hal atau memukul orang. (F)
v  Ketika saya sedang jengkel sama seseorang  lebih baik saya memukul bantal atau guling untuk mengendalikan amarah saya (UF)
v  Jika Anda bisa mematahkan kaki seseorang yang Anda benci tanpa tertangkap, maka Anda akan lakukan itu. (F)
v  Jika saya sedang emosi saya biasanya pergi ke sarana olah raga agar dapat melampiaskan emosi saya. (UF)
v  Pada saat masuk di sbuah rumah makan, Anda melihat tunangan Anda bermesraan dengan orang lain. Lalu Anda akan berjalan dan melemparkan minuman di wajah mereka. (F)
v  Ketika saya sedang marah lebih baik saya memukul bantal atau guling untuk mengendalikan amarah saya. (UF)

Ø  Merasa ingin balas dendam
v  Ketika seseorang memotong jalan Anda dalam lalu lintas, Anda berteriak kata-kata kasar dan berusaha membalasnya dengan memotong jalur di depan orang tersebut. (F)
v  Teman Anda meminjam komputer/laptop Anda dan berakhir merusak (untuk kedua kalinya bulan ini). Maka Anda akan menghela napas berat dan meninggalkan ruangan (UF)
v  Meskipun Anda sudah memberitahukannya berulang kali, tetangga Anda membuat Anda terjaga sepanjang malam dengan musik keras. Jika Anda bisa melakukannya, Anda akan menyebabkan kerusakan pada properti nya. (F)
v  Jika saya sedang emosi lebih baik saya tidur dan mendengarkan musik saja (UF)
v  Ketika seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang mengganggu saya, saya biasanya tidak mengatakan apa-apa pada saat itu, tetapi kemudian menghabiskan banyak waktu memikirkan balasan memotong aku bisa dan harus dibuat. (F)

v  Apakah Anda setuju dengan pernyataan berikut? "Siapa pun yang menghina saya di depan publik akan hidup untuk menyesalinya." (F)

1 komentar: