Senin, 27 Januari 2014

Keabsahan dan Keajegan

Yin (1994) mengajukan empat kriteria keabsahan dan keajegan yang diperlukan dalam suatu penelitian kualitatif. Empat hal tersebut adalah :

1. Keabsahan Konstruk (Construct Validity).
Keabsahan konstruk berkaitan dengan suatu kepastian bahwa yang terukur benar- benar merupakan variabel yang ingin diukur.

2. Keabsahan Internal (Internal Validity).
Keabsahan internal merupakan konsep yang mengacu pada seberapa jauh kesimpulan hasil penelitian menggambarkan keadaan sesungguhnya. Keabsahan ini dapat dicapai melalui proses analisis dan interpretasi yang tepat

3. Keabsahan Eksternal (External Validity).
            Keabsahan eksternal mengacu pada seberapa jauh hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada kasus lain. Walaupun dalam penelitian kualitatif memiliki sifat tidak ada kesimpulan akhir yang pasti, penelitian kualitatif tetap dapat dikatakan memiliki keabsahan eksternal terhadap kasus-kasus lain selama kasus tersebut  memiliki konteks yang sama.

4. Keajegan (Reliability).

            Keajegan merupakan konsep yang mengacu pada seberapa jauh penelitian berikutnya akan mencapai hasil yang sama apabila mengulang penelitian yang sama sekali lagi. Dalam meningkatkan keajegan dalam penelitian ini, maka peneliti akan melakukannya dengan cara membuat desain penelitian sebaik mungkin serta  menerapkan konsep triangulasi terhadap data-data yang telah diperoleh, dan memakai  pedoman wawancara yang paling cocok dalam menggambarkan penyesuaian diri dalam perkawinan wanita suku Batak yang menikah dengan pria suku Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar