Senin, 27 Januari 2014

Teknik Analisis Data

 Adapun proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian akan dianalisa dengan teknik data kualitatif yang diajukan oleh Marshall dan Rossman. Menurut Marshall & Rossman (1995) dalam menganalisa penelitian kualitatif terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan-tahapan tersebut adalah :

1. Mengorganisasikan Data.
Peneliti mendapatkan data langsung dari subjek melalui wawancara mendalam  (indepth interview), yang mana data direkam dengan tape recorder dan alat tulis.

2. Pengelompokkan Berdasarkan Kategori, Tema, dan Pola Jawaban.
Berdasarkan kerangka teori dan pedoman wawancara peneliti menyusun sebuah kerangka awal analisis sebagai acuan dan pedoman dalam melakukan coding.

3. Menguji Asumsi atau Permasalahan yang Ada Terhadap Data.
            Pada tahap ini kategori yang telah didapat melalui analisis ditinjau kembali berdasarkan landasan teori sehingga dapat dicocokan apakah ada kesamaan antara landasan teoritis dengan hasil yang dicapai.

4. Mencari Alternatif Penjelasan Bagi Data.
            Berdasarkan kesimpulan yang telah didapat dari kaitan tersebut, penulis perlu  mencari suatu alternatif penjelasan lain tentang kesimpulan yang telah didapat.

5. Menulis Hasil Penelitian.
            Dalam penelitian ini penulisan yang dipakai adalah presentasi data yang didapat, yaitu penulisan data-data hasil penelitian berdasarkan wawancara mendalam dan observasi dengan tiap-tiap subjek.

0 komentar:

Posting Komentar